Minggu, 10 Maret 2013

Rangkaian Equalizer 5 Chanel IC LA3600



KM-Pajo: Minggu10/03/13. Rangkaian equalizer 5 chanel pada gambar dibawah merupakan rangkaian pengatur nada audio model bar yang terdiri dari 5 chanel pengaturan nada. Rangkaian equalizer ini menggunakan IC yang didesain khusus oleh produsen chip IC Sanyo sebagai chip kontrol equalizer model bar. Rangkaian equalizer 5 chanel menggunakan IC LA3600 ini menjadi cukup sederhana, yaitu hanya membutuhkan kontrol frekuensi center tiap chanel saja untuk pengatur nada pada sistem audio. Rangkaian equalizer 5 chanel dengan IC LA3600 ini mebutuhkan sumber tegangan DC +12 volt teregulasi.
Rangkaian lengkap beserta komponen penyusun equalizer 5 chanel ini dapat dilihat pada gambar berikut. 


Rangkaian Equalizer 5 Chanel IC LA3600


Rangkaian equalizer 5 chanel pada gambar diatas dapat memberikan penguatan sinyal audio maksimum +12 dB pada setiap chanel kontrol equalizer. Dan dapa melakukan pelemahan sinyal audio sebesar -12 dB pada setiap chanel pengaturan nada pada equalizer tersebut. Untuk seting frekuensi center tiap kanal pengatur nada pada rangkaian equalizer diatas dapat dilakukan dengan mengatur nilai kapasitor C1 dan C2 pada setiap kanal pengatur nada equalizer tersebut.


Rangkaian equalizer diatas merupakan rangkaian pengatur nada mono, sehingga untuk membuat equalizer 5 chanel pada sistem audio stereo perlu membuat rangkaian equalizer 5 chanel seperti pada gambar diatas sebanyak 2 unit. Power supply untuk rangkaian equalizer pada gambar diatas sebaiknya menggunakan power supply yang diregulasi menggunakan IC regulator. Karena rangkaian equalizer 5 chanel diatas membutuhkan tegangan sumber +12 volt DC sebaiknya power supplynya menggunakan IC regulator LM7812 agar sumber tegangan kerja untuk rangkaian equalizer 5 chanel dengan IC LA3600 ini stabil.


Copyright © Skema Rangkaian PCB

2 komentar:

  1. Untuk Komponen" nya apa saja...?
    bantu pencrahan nya gan...
    pingin ngerakit lagi butuh sama ic ini...

    BalasHapus

Sponsors