Sabtu, 18 Agustus 2012

ANAK DESA TAKBIR KELILING

jalan kaki sambil bawa obor
mobil dengan pengeras suara





KM-Media Pajo : Sabtu 18/08/12 : Menyambut hari raya Idul Fitri 1433 H yang jatuh pada hari minggu 19 Agustus 2012 sekitar jam 19.30 atau setelah sholat Isya warga Desa Ranggo menyelenggarakan Takbir keliling, kegiatan seperti ini kerap dilakukan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia pada saat malam Sholat Idul Fitri maupun pada saat Sholat Idul Adha hanya cara-cara yang dilakukan oleh setiap daerah berbeda-beda, ada yang melaksanakan Takbir di Masjid saja tapi ada juga yang melaksanakan Takbir sambil berpawai dijalanan seperti yang dilakukan oleh anak-anak di Desa Ranggo menjelang Sholat Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 19/08/2012 atau hari minggu besok.
anak-anak dengan obornya
ibu guru sedang mengawasi muridnya
salah seorang guru sedang menyalakan obor
Yang menarik pada tahun ini yang melakukan Takbir Keliling adalah kebanyakan dari anak-anak, adapun rute yang mereka lalui adalah dari Desa Temba Lae menuju Desa Ranggo lalu kembali lagi ke Desa Temba Lae, kebanyakan dari mereka memilih jalan kaki sambil membawa obor dan didampingi oleh beberapa orang tua dari mereka beserta beberapa Guru dari Pondok Pesantren Al-Kautsar Desa Ranggo. Keterlibatan Bapak dan Ibu Guru dari Pondok ini karena kebanyakan dari anak-anak yang mengikuti Takbir keliling ini adalah murid dari Pondok Pesanteran Al-Kautsar Desa Ranggo Kec. Pajo.
rombongan drambend
Takbir keliling yang dilakukan oleh anak-anak ini berlangsung dengan tertib dan aman, Polsek Pajo turut ambil ambil alih mendampingi sebagai penjaga keamanan dan pengatur lalu lintas selama takir berlangsung. Setelah takbir selesai anak-anak langsung dihimbau untuk pulang ke rumahnya masing-masing sedangkan Takbir dilanjutkan kembali di Masjid Raudatul Janah Desa Ranggo yang merupakan masjid Raya yang ada di Kec.Pajo.
Selain dari mereka yang jalan kaki ada juga dari mereka yang memilih naik kendaraan Open Cup sambil membawa pengeras suara .
Mul……………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsors