Senin, 12 Maret 2012

Inovasi Pendidikan di Sekolah

Perkuliahan ke-3 membahas tentang kegiatan inovasi pendidikan di sekolah. Materi yang akan dipaparkan cukup panjang, sehingga setiap mahasiswa dianjurkan untuk mendownload presentasi PowerPointnya, agar isi materi ini bisa dipahami dengan lebih baik.
Silakan baca lebih lanjut untuk mempelajari materi.

ppt.jpg

Untuk mendownload: Klik Kanan > Save Link/Target As…
Transkrip Presentasi:
————————–

  • Inovasi harus berlangsung di sekolah guna memperoleh hasil yang terbaik dalam mendidik siswa;
  • Ujung tombak keberhasilan pendidikan di sekolah adalah guru;
  • Oleh karena itu guru harus mampu menjadi seorang yang inovatif guna menemukan strategi atau metode yang efektif untuk mendidik;
  • Inovasi yang dilakukan guru pada intinya berada dalam tatanan pembelajaran yang dilakukan di kelas;
  • Kunci utama yang harus dipegang guru adalah bahwa setiap proses atau produk inovatif yang dilakukan dan dihasilkannya harus mengacu kepada kepentingan siswa.
Skematik Inovasi di Sekolah

skema_inovasi_di_sekolah-small.jpg

Kreatifitas adalah penyatuan pengetahuan dari berbagai bidang pengalaman yang berlainan untuk menghasilkan ide-ide baru dan lebih baik.
Langkah proses kreatif:
  • Penemuan masalah;
  • Persiapan;
  • Pengendapan;
  • Wawasan;
  • Taktik.
Mengembangkan kreatifitas:
  1. Imajinasi – kreatif;
  2. Keleluasaaan – kebebasan pikiran;
  3. Gila / aneh;
  4. Hubungan antara obyek – melahirkan ide-ide.
Guru harus memiliki kompetensi: Pedagogi, Profesional, Individual dan Sosial
  1. Planning Instructions (Merencanaan Pembelajaran);
  2. Implementing Instructions (Menerapkan Pembelajaran);
  3. Performing Administrative Duties (Melaksanakan Tugas-Tugas Administratif);
  4. Communicating (Berkomunikasi);
  5. Development Personal Skills (Mengembangkan Kemampuan Pribadi);
  6. Developing Pupil Self (Mengembangkan Kemampuan Peserta Didik).
Merencanakan;
  • Melaksanakan;
  • Memberikan umpan balik.
Metode Mengajar & Keterampilan Mengajar:
  • Pendekatan Kelompok;
  • Pendekatan Individu.
Metode Mengajar Kelompok:
  • Metode Kuliah (Ceramah);
  • Metode Diskusi;
  • Metode Simulasi;
  • Metode Demonstrasi & Eksperimen;
  • Metode Inquiry & Discovery (Menyelidiki & Menemukan).
  • Mastery Learning;
  • Metode Bloom.
Keterampilan Mengajar:
  • Bertanya Dasar;
  • Memberi Penguatan;
  • Mengadakan Variasi;
  • Menjelaskan;
  • Membuka dan Menutup;
  • Memimpin Diskusi Kelompok Kecil;
  • Mengelola Kelas;
  • Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan.
Penelitian Tindakan KelasAction Research
Classroom Research:
Tindakan yg dilakukan oleh guru untuk meningkatkan cara mengajarnya sendiri atau koleganya, & untuk menguji asumsi teori dalam praktek.
Prosedur:
  1. Pengembangan Fokus;
  2. Perumusan & Persiapan;
  3. Pelaksanaan & Metode Pengumpulan Data;
  4. Analisis Data & Refleksi;
  5. Perencanaan Kembali.
Prinsip:
  1. Metode tidak boleh mengganggu komitmen mengajar;
  2. Pengumpulan data tidak menambah waktu guru;
  3. Metodologi menyesuaikan dengan situasi kelas;
  4. Masalah sendiri di kelas;
  5. Prosedur etik;
  6. Fokus terhadap kegiatan (semua komponen).
PORTOFOLIO ASSESSMENT
  • Traditional Assessment:
  • Paper-pencil test;
  • keterampilan/pengetahuan tertentu;
  • Bentuknya : test objektif, multiple choice, dll;
  • Kriteria standar/seragam.
Authentic assessment:
  • Peserta didik untuk mengukur, memproduksi & mengkontruksi pengetahuan sendiri;
  • Active leaner;
  • Meaningfull learning.
Karakteristik:
  1. Menggambarkan perkembangan kemampuan seseorang dalam satu bidang;
  2. Bukti autentik dari kemampuan seseorang;
  3. Menggambarkan kemampuan secara komprehensif, menilai kemampuan siswa secara utuh.
Prosedur:
  1. Tujuan umum dari tujuan program pembelajaran;
  2. Tujuan portofolio bagi setiap siswa;
  3. Portofolio untuk unit-unit pelajaran;
  4. Pengembangan Self evaluation;
  5. Perluasan cakupan pengetahuan;
  6. Penulisan responsi;
  7. Dialog konvensi;
  8. Kriteria evaluasi;
  9. Sidang Portofolio/dialog akhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsors