Kamis, 18 September 2014

Bata Tradisional Masih Digemari Masyarakat

KM-Pajo: meskipun perusahaan batu bata modern yang dproduksi atau dibuat menggunakan peralatan serba modern dan canggih namun bata tradisional masih tetap digemari oleh masyarakat.
Alasan masyarakat masih memilih bata tradisional disamping harga yang murah katanya bata tradisional lebih kuat dibanding dengan bata yang dibuat atau dicetak dengan peralatan modern, didesa lepadi tepatnya di sekitar taman makam pahlawan pabrik bata modern banyak kita jumpai pabrik ini kebanyakan pemiliknya berasal dari pulau jawa dan sebagian ada juga yang dari masyarakat setempat.
Tetapi tidak sedikit juga masyarakan yang masih memilih bata modern bermacam-macam alasan mereka menggunakan bata modern bata modern lebih besar dibanding bata tradisional dan bentuknya lebih rapi dan mulus jika dibandingkan bata tradisional , walaupun demikian bata tradisional masih tetap menjadi pilihan utama masyarakat karena bata  tradisonal lebih murah dibanding bata modern alasan inilah yang menjadi daya tarik masyarakt memilih menggunakan bata tradisional disamping itu juga bata tradisional gampang dicari.
Proses pembutan bata tradisional tidak jauh beda dengan bata modern kalo bata modern menggunakan mesin cetak dengan waktu yang singkat dapat menghasilkan cetakan yang banyak dibanding dengan cara manual atau tradisional , bata tradisional pencetakannya masih menggunakan cetak kayu  yang dikerjakan oleh manusia dengan sekali cetak 3-5 buah bata sekali cetak sementara bata modern menggunakan mesin atau alt press.
Harga bata tradisional 45o.ooo/1000bata sedangkan bata modern 600.000 /1000bata. Tinggal kita mau menggunakan bata tradisional atau bata modern dari kedua bata ini kalo menurut saya sama-sama bagus bata modern agak mahal karena bentuknya lebih besar sedangkan bata tradisional lebih murah karena bentuknya yang lebih kecil.


By, mul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsors